Minggu, 27 Maret 2011

jenis-jenis modem



"Internal Modem", iaitu modem berjenis kad sirkit digunakan dengan memasang atau melekatkannya pada litar PCI. Litar PCI ini didapati pada kebanyakn PC sekarang dimana ianya khas digunakan untuk menampung penambahan kad-kad assesori pada PC seperti 'sound card', 'graphic card' dan sebagainya. Kebiasaannya, moden internal ini juga dikenali sebagai PCI modem. Modem berjenis ini adalah lebih murah kerana buatannya adalah lebih ringkas tanpa memerlukan kotak. Ia senang dipasang tanpa memerlukan kabel.
Terdapat dua jenis modem seperti ini iaitu 'software modem" dan "hardware modem". "Software modem" ini adalah modem yang menggunakan perisian khas untuk menjanakan sistem processor PC bagi menjalankan fungsi modem tersebut. "Hardware modem" pula menggunakan perkakasannya sendiri untuk menjalankan modemnya. Jadi disini adalah jelas bahawa 'hardware modem" adalah lebih baik disebabkkan ia tidak mengganggu sumber sistem prosessor PC bila modem berjalan. Walaubagaimanapun, kedua-dua modem jenis ini adalah lebih mudah disambar petir berbandingkan dengan "external modem".


MODEM EKSTERNAL

Modem jenis ini biasanya dipasarkan dalam bentuk kotak dalam pelbagai rupa. Ada yang segiempat, bulat, berbentuk telur dan macam-macam lagi. Modem jenis ini biasanya dihubungi melalui kabel ke port COM1, COM2 atau port lain yang bersesuaian di PC. Modem external adalah lebih mahal tapi tidak mudah disambar petir kalau dibandingkan dengan 'internal modem'. External modem adalah lebih baik kerana ianya menggunakan perkakasannya sendiri untuk menjalankan modem fungsi modem tersebut tidak seperti 'software modem' yang lain. Dengan ini, perpindahan data melalui internet adalah lebih cepat. External modem juga dibekalakn dengan fungsi lampu yang dapat menunjukkan proses perjalanan modem tersebut.




Modem Kabel (Cable Modem), adalah perangkat keras yang menyambungkan PC dengan sambungan TV Kabel. Jaringan TV kabel ini dapat dipakai untuk koneksi ke Internet dengan kecepatan maksimum 27Mbps downstream (kecepatan download ke pengguna) dan 2,5Mbps upstream (kecepatan upload dari pengguna). Agar dapat menggunakan modem kabel, komputer harus dilengkapi dengan kartu ethernet (ethernet card).


Modem teknologi ADSL (Asymetric Digital Subscribe Line) yang memungkinkan berselancar internet dan menggunakan telepon analog secara berbarengan. Caranya sangat mudah, untuk ADSL diberikan sebuah alat yang disebut sebagai Splitter atau pembagi line.
Posisi Splitter ditempatkan di depan ketika line telepon masuk. Artinya anda tidak boleh mencabangkan line modem untuk ADSL dengan suara secara langsung. Alat Splitter berguna untuk menghilangkan gangguan ketika anda sedang menggunakan ADSL modem. Dengan Splitter keduanya dapat berjalan bersamaan, dimana anda dapat dapat menjawab dan menelpon seseorang dengan telepon biasa. Disisi lain anda tetap dapat terkoneksi dengan internet melalui ADSL modem


Modem-Modem GSM 
Berikut ini adalah modem-modem yang biasa digunakan untuk berinternet ria dengan jaringan GSM (GPRS/EDGE/HSDPA) :

1. Huawei E220


Modem keluaran Huawei ini banyak juga dipake oleh operator kita seperti Telkomsel dan Indosat. Selain itu di Indonesia juga sering ditemukan modem E220 dari operator luar seperti Vodafone maupun 3. Modem ini sudah memiliki kemampuan jelajah dalam jaringan HSDPA (3,5 G) dengan kecepatan modem bisa mencapai 7,2 Mbps untuk donlot, dan mencapai 384 kbps untuk aplod. Dengan konektivitas ke komputer melalui USB, modem ini banyak menjadi pilihan banyak orang, apalagi installer dan driver langsung tersedia di dalam modemnya, tinggal colok, install, dan pakai :) Harga modem ini sekarang sekitar 880rb-1 jutaan.

2. Vodafone Globe Surfer Icon


Modem ini adalah modem GSM yang pertama-tama kali keluar semenjak internet dengan jaringan GSM dimulai. Dengan kecepatan donlot mencapai 1,8 Mbps, dan konektivitas USB, modem ini juga menjadi pilihan. Selain itu, kini modem yang pada awal-awal kemunculannya seharga 2 jutaan ini sekarang harganya berkisar antara 650-800rb-an.

3. Option Globetrotter 7,2 Express Card


Modem ini adalah pilihan yang tepat jika anda menggunakan notebook model-model terbaru, yang memiliki slot Express Card. Tapi jangan khawatir, tanpa express card pun modem ini bisa tetap digunakan, asal kita membeli pula converter Express Card to USB nya. Modem dengan kecepatan mencapai 7,2 Mbps dan aplod sampai 384 Kbps ini memang agak mahal karena barangnya jarang dan kemampuannya tidak sesuai dengan harganya. Saat ini harganya mungkin sekitar 1,7-2 jutaan.

4. Huawei E272


Modem besutan Huawei satu ini selain memiliki kualitas yang baik seperti generasi sebelumnya E220, juga didukung dengan teknologi terbaru, HSUPA (High Speed Upload Packaged Access), yaitu selain mendukung kecepatan donlot up to 7,2 Mbps, juga mendukung kecepatan aplod up to 2 Mbps. Bentuknya yang pipih dan disertai dengan lampu membuat modem ini manis dilihat. Harganya saat ini berkisar antara 1,1-1,3 juta.

5. Option iCON 225

Dengan bentuknya yang compact dibanding semua modem lain, membuat modem USB ini seperti tidak ada bedanya dengan USB Flashdisk. Teknologi yang digunakan adalah HSDPA (High Speed Download Packaged Access), yaitu dengan kecepatan donlot up to 7,2 Mbps, dan kecepatan aplod sampai 384 Kbps. Bagi yang suka modem kecil, ini pilhan yang bagus. Harganya saat ini sekitar 1 jutaan.

6. Huawei E172 USB Stick

Kalo option punya bentuk kayak USB Flashdisk tapi agak lebih besar, besutan Huawei ini lebih mirip lagi dengan USB Flash disk. Di klaim sebagai modem terkecil saat ini dan memiliki teknologi paling terbaru yaitu HSUPA menjadikan modem ini layak untuk anda. Apalagi harganya masih terhitung sesuai, yaitu sekitar 1,1-1,4 jutaan.


 







 




 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar